
Kediri, Radar Independen – Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Kota Kediri terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi wajib pajak kendaraan bermotor dan mengoptimalkan pelayanan kepada seluruh Wajib Pajak yang melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)
Kaur Regident Satlantas Polres Kediri Kota Iptu Hendrarto Basuki menyampaikan bahwa pelayanan cepat, nyaman, dan terukur sangat diperhatikan di Samsat Kota Kediri. Ketelitian dalam memasukkan data kendaraan dan data Wajib Pajak menjadi prioritas utama untuk menghindari kesalahan.
“Kami sangat berhati-hati dalam pelayanan ini, terutama dalam ketelitian memasukkan data kendaraan dan data Wajib Pajak. Kami selalu mengedepankan pelayanan yang baik, akuntabel, dan cepat,” jelas Iptu Hendrarto Basuki.
Hendrarto juga menegaskan komitmennya untuk terus melakukan perbaikan dalam pelayanan di Samsat Kota Kediri.
“Kantor Bersama Samsat Kota Kediri selalu mengevaluasi kinerja seluruh petugas. Kami berupaya memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada Wajib Pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor mereka,” ujar Iptu Hendrarto Basuki
Inovasi lain yang patut diapresiasi adalah ketersediaan ruang khusus untuk menyusui balita. Fasilitas ini menunjukan kepedulian Samsat Kota Kediri terhadap kebutuhan ibu menyusui yang harus mengurus pembayaran pajak kendaraan bermotor. Ruang tunggu yang nyaman khusus untuk lansia telah di sediakan, selain itu, ruang bermain anak kecil juga telah disiapkan, memungkinkan orang tua untuk mengurus pembayaran pajak tanpa harus khawatir tentang kenyamanan anak-anak mereka.
Langkah – langkah peningkatan pelayanan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kota Kediri. Beberapa Wajib Pajak yang di temui di lokasi menyatakan kepuasanya terhadap pelayanan yang diberikan , mereka mengapresiasi kecepatan dan ketelitian petugas dalam memproses pembayaran pajak,serta kenyamanan fasilitas yang disediakan. Dengan berbagi pembenahan dan inovasi ini,Samsat Kota Kediri berharap dapat terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan publik. (SBR)